Rabu, 17 Oktober 2012

Penangkaran Branjangan ala Om Raswono

Berbagai cara-cara beternak dilakukan oleh warga KM (www.kicaumania.or.id) yang bisa ditemukan di Forum Branjangan KM ini. Dimulai dengan Wak Haji Arkum (Ari Suprawadi) dengan Metode kandang gantung (kandang Branjangan), Kandang permanent atau model kandang semi meniru di alam yang dilakuka oleh Yogi CJ (sebuah rumah besar yang ditutup sedemikian rupa sehingga mempunyai tempat yang luas.



Gambar 1: Kandang Ternak Branjangan Model Om Raswono


Cara Wak Haji arkum belum ada kabar hasilnya, kemudian cara Yogi CJ bersama rekannya di Jepara sudah berhasil namun ada kendala ketidak keamanan terutama tikus bisa masuk dari mana saja. Model Om Raswono dan model permanen adalah cara yang efektif agar ternak Branjangan untuk penyelamatan Burung yang hampir punah ini.


Gambar 2: Kandang Ternak Branjangan Model Om Raswono

Ukuran Kandang:
Untuk model kandang ternak Om Raswono kandang PxLxT : 1x0.6x0.6 meter; cukup kecil namun efektive. Intinya Branjangan harus aman daro predator tikus, kucing, serta ganguan manusia agar tenang dalam proses untuk menghasilkan anaknya.


Gambar 3: Kandang Ternak Branjangan Model Om Raswono

Kupas tuntas tentang beternak Branjangan, KM akan menerbitakan buku Konservasi Branjangan ini dengan Judul: "Cara Mudah Beternak Branjangan", tunggu terbitnya, yang jelas buku ini akan kami persembahkan buat KM sebagai Organisasi yang peduli akan konservasi terutama konservasi Branjangan yang hampir punah di alamnya. Buku 60% buku sudah kami susun sejak kami melakukan riset cara beternak Branjangan. Ini adalah bukti kepedulian kami terhadap burung-burung di alam yang sudah mulai punah.


Sumber : Kicaumania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar