Rabu, 04 April 2012

Jangan-jangan Foto Anda Dipakai Oleh Orang Lain..Dilacak Yuuk!

Tulisan ini berawal dari keluhan teman saya yang foto Facebooknya dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Foto-foto teman saya tersebut digunakan sebagai foto profil oleh seseorang yang jualan produk lewat Facebook. Tidak hanya itu saja, bahkan foto teman saya bahkan digunakan sebagai Avatar orang tersebut di beberapa forum situs dewasa! Beruntung, setelah dihubungi baik-baik dia bersedia mengganti foto-fotonya.
Kejadian tersebut menginspirasi saya untuk membagikan cara saya dalam melacak penggunaan foto teman saya tersebut. Dengan cara ini, anda bisa melakukan pengecekan apakah foto Facebook anda digunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.
Jangan-jangan foto anda dipakai oleh orang lain..dilacak yuuk!
Untuk melacak foto, saya memanfaatkan TinEye – sebuah reverse image search engine untuk menemukan foto yang sama atau identik. Dengan mengupload atau memasukkan URL gambar anda di TinEye, anda bisa menemukan foto yang identik dengan foto tersebut.
Cukup ikuti panduan melacak foto dengan TinEye berikut ini untuk lebih jelasnya :
1. Upload atau Copy URL dari foto yang ingin anda lacak. Dalam contoh ini saya akan melacak salah satu foto dari akun Facebook saya. Klik kanan foto tersebut dan Copy Image Url
Melacak Foto dengan TinEye
2. Buka TinEye
Halaman TinEye
3. Paste url image tersebut di kotak yang disediakan. Kemudian klik Search.
Melacak Foto dengan TinEye
Melacak Foto dengan TinEye
4. Jika hasilnya 0 result, anda bisa sedikit bernafas lega. Karena tidak ada foto yang identik dengan foto anda yang digunakan oleh orang lain.
Melacak Foto dengan TinEye
Sedikit kekurangannya, TinEye hanya mengupdate databasenya hampir 2 minggu sekali, sehingga hasil yang ditampilkan kurang begitu up to date. Foto yang dicopy oleh orang lain hari ini, kemungkinan baru bisa terdeteksi 2 minggu kemudian.
Bagi pengguna browser Mozilla Firefox, anda bisa mendownload addon TinEye untuk memudahkan anda melacak foto anda.
Download addon TinEye untuk Firefox
Melacak Foto dengan TinEye
Jika addon TinEye sudah terinstall di firefox anda, cukup klik kanan foto yang ingin anda lacak dan klik “Search Image on TinEye”. Tidak perlu lagi copy link atau paste link. Tentu saja ini menghemat waktu anda jika ingin melacak banyak foto sekaligus.
Melacak Foto dengan TinEye
Anda juga bisa memanfaatkan TinEye ini untuk hal-hal lainnya. Misalnya saja bagi webmaster (pemilik blog/situs), anda bisa mencari gambar yang diambil dari blog/situs anda. Dengan sedikit kreativitas, anda bahkan bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Seru deh pokoknya..
Semoga informasi ini bermanfaat yaa

sumber : www.pusatgratis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar